Pages

Monday, December 7, 2009

Hamil Sehat

Nyeri punggung, Anda rasakan seiring dengan semakin besarnya ukuran dan berat rahim. Jadi saat mengambil barang sebaiknya agak berjongkok jangan membungkuk. Latihan peregangan punggung dapat meredakan ketegangan pada punggung. Hindari sepatu hak tinggi karena pada saat hamil pusat gravitasi ibu berpindah seiring dengan pertumbuhan bayi. Anda juga mudah terpeleset atau terjatuh. Jadi hati-hatilah pada saat berada di kamar mandi. Jangan lupa untuk selalu mengenakan seat belt saat di mobil atau pesawat terbang.


Pada timester kedua, dengan semakin meningkatnya volume darah mendadak, ibu akan mengalami perasaan pusing ( dizzy ) saat bergerak atau saat berdiri setelah duduk. Jadi lakukan secara perlahan saat bangun dari tempat tidur atau kursi, sehingga keseimbangan Anda tetap terjaga. Jika Anda merasa pusing diantara waktu makan, bisa Anda hindari dengan ngemil buah atau biskuit, sehingga dapat meningkatkan gula darah Anda. Serangan rasa pusing ini juga dapat terpicu oleh ruangan yang sangat panas. Jika Anda mengalaminya, carilah ruangan yang lebih sejuk dan berudara segar, hindari pakaian ketat.

Perdarahan juga dapat Anda alami selama hamil. Saat Anda merasakan nyeri hebat pada perut bagian bawah dan perdarahan timbul pada saat menjelang siklus menstruasi yang terjadi pada bulan pertama kehamilan, pastikan Anda tidak mengalami keguguran. Bila pendarahan dan kram cukup parah, Anda perlu memakai pembalut. Bila anda pernah mengalami keguguran sebelumnya, segera konsultasikan dengan dokter.


No comments:

Post a Comment