Pages

Sunday, December 6, 2009

Kehamilan Alami

Anda telah mencoba berbulan – bulan untuk hamil dan tetap tidak berhasil. Sebelum Anda mencoba pengobatan yang canggih beberapa dokter dari Harvard menganjurkan untuk memberikan kesempatan hamil secara alami.

Terbukti apa yang mereka katakan, hampir setiap wanita yang ingin bisa hamil dapat melakukannya secara alami. Dalam sebuah buku yang berjudul 6 Steps to Increase Fertility ( 6 langkah untuk meningkatkan kesuburan ) ( sebuah buku terbitan Harvard Medical School oleh Simon dan Schuster, 2000 ), 3 doktor dari Harvard memberikan rincian teknologi tingkat rendah, program peningkatan kesuburan yang diprakarsai Harvard Medical School.
Pengarangnya, Robert L. Barbieri, MD, Alice D. Domar, PhD dan Kevin R. Loughlin, MD – setiap ahli ini memiliki kemahiran di setiap area yang mempengaruhi kesuburan – bertemu, mendengarkan dan menolong ratusan orang menjadi hamil setiap tahun.
Enam langkah yang mereka tulis tersebut termasuk perubahan cara hidup yang sederhana dan strategi tingkat rendah yang memperbesar kesuburan alami, “ tanpa rasa sakit dan privat ”. Pada bagian-bagian buku tersebut juga diselingi dengan pengalaman-pengalaman pribadi dari pria-pria dan wanita-wanita yang mengalami kemandulan.
“ Karena kita telah memiliki teknologi yang canggih, bukan berarti setiap orang harus menggunakannya. Kami percaya semua pasangan harus selalu mencoba yang paling sederhana, pendekatan yang teraman terlebih dahulu sebelum mencoba cara yang kompleks dan kadang lebih mahal dan membuat Anda stress ”, yang dipaparkan oleh para ahli ini saat peluncuran buku mereka.

Melakukan Perubahan-Perubahan Yang Sederhana Riset menunjukkan walaupun 20 % dari pasangan akan gagal menjadi hamil setelah 1 tahun mencoba, kebanyakkan akhirnya berhasil hamil, tambah pakar – pakar ini. Sedikit orang yang memiliki kondisi-kondisi fisik yang mengakibatkan susah mendapatkan anak. Lebih lanjut, mereka paparkan, satu tahun bukan waktu yang ajaib untuk menjadi hamil.
Barbieri, Domar dan Loughlin menganjurkan kepada para pasangan untuk menganggap program kemandulan Harvard ini sebagai suatu program kebugaran atau menganggap diri mereka sebagai atlit yang sedang berlatih. Strategi-strategi tersebut termasuk cara hidup yang sehat—yaitu mengurangi stress, makan makanan yang seimbang, olah raga secukupnya dan belajar apa yang harus dihindari atau digunakan secukupnya. Contohnya, para wanita harus berhenti minum alkohol, kopi dan merokok sedangkan para pria harus menggunakan secukupnya.

Di bawah ini ada beberapa tips dari 6 langkah meningkatkan kesuburan dengan perubahan cara hidup yang sederhana yang dapat dilakukan para pasangan :

  • Menjadi orang yang duduk bermalas-malasan seharian kadangkala baik. Para wanita yang mengalami kesulitan untuk hamil harus menghentikan semua aktivitas fisiknya ( olah raga ) selama 3 bulan untuk memastikan bahwa olahraga bukan menjadi faktor tersebut. Bahkan jika siklus menstruasi dan ovulasi kelihatan normal, olahraga dapat menurunkan kadar progesteron.
  • Anda bisa memilih sangat langsing / kurus. Terlalu sedikit atau terlalu banyak lemak tubuh dapat menyebabkan kesulitan reproduksi. Pria-pria yang memerlukan lemak agar dapat menjaga kadar testosteron secara normal dan sperma yang sehat.
  • “ Alami ” bukan berarti aman. Para peneliti telah menemukan bahwa hanya sedikit bahan St. John wort, Echinacea purpura dan ginkgo biloba bisa merubah materi genetik dari sperma dan mengurangi daya hidupnya.
  • Carilah pertolongan untuk depresi. Penelitian menunjukkan sebanyak 59% dari wanita mandul yang dites menderita depresi atau pernah mendapatkan episode depresi di masa lampau. Sebelum memulai semua tehnik pengobatan kemandulan, periksa keadaan emosi / mental Anda.
  • Rileks. Stress telah dikenal, seperti juga depresi sebagai keadaan yang menyebabkan ketidakteraturan haid dan terhentinya ovulasi. Pada pria, stress emosi dikaitkan dengan perkembangan sperma yang tidak normal.
  • Makanlah daging. Wanita vegetarian kemungkinan memiliki masalah kesuburan karena penyimpangan kadar hormon-hormon reproduksi. Mereka juga mengalami siklus haid yang lebih panjang dibandingkan dengan wanita pemakan daging.
  • Bagi pria, perhatikan pemakaian celanan jins yang ketat. Hindarilah memakai celana kulit, celana panjang yang ketat untuk bersepeda, celana jins ketat, celana dalam berbahan nilon, pemandian air panas, Jacuzzis, mandi sauna dan berjam-jam mandi berendam air panas. Jagalah agar testis Anda tetap dingin.
  • Disamping perubahan gaya hidup yang sehat dan melepaskan stress emosi, para ahli ini juga menyarankan mengambil keuntungan dari evaluasi dasar untuk menetapkan jika Anda dan pasangan Anda bisa memproduksi sel telur dan sperma.

Masalah ovulasi atau produksi sperma adalah penyebab utama dari kemandulan. Karenanya masuk akal jika kita menanggulangi masalah-masalah tersebut terlebih dahulu. Para pria harus dites spermanya dan para wanita memiliki 3 teknik untuk mengetahui kapan-dan jika-mereka sebenarnya sedang dalam masa ovulasi: metode cairan serviks, suhu tubuh basal dan tes LH urin. Adanya lendir serviks menunjukkan saat ovulasi sedang terjadi; suhu tubuh basal Anda kemungkinan akan turun beberapa derajat sehari atau sebelum ovulasi; dan kit tes ovulasi untuk memeriksa urin Anda mengandung hormon luteinasi yang menyebabkan pelepasan sebuah telur dari ovarium.

Saat Untuk Mendapatkan Pertolongan
Jika Anda telah mengikuti langkah – langkah tersebut di atas, melakukan perubahan gaya hidup, menentukan penyebab masalah-masalah dan mengurangi stres—tetapi Anda tetap sulit hamil, para ahli ini menganjurkan Anda untuk berkonsultasi dengan ahli kesuburan.
Sumber – sumber yang baik untuk referensi bagi diagnosis kemandulan dan pengobatannya adalah pada sekolah-sekolah kedokteran, organisasi kesehatan dan rumah sakit.

No comments:

Post a Comment